Saturday, January 13, 2018

Deretan Jajanan Tradisional Jakarta Khas Betawi Asli

Deretan Jajanan Tradisional Jakarta Khas Betawi Asli 

Deretan Jajanan Tradisional Jakarta Khas Betawi Asli

KKD.- Terkecuali menaruh banyak kebudayaan, nyatanya Betawi juga menaruh banyak jajanan atau camilan ciri khas yg beragam macam. Jajanan ciri khas Betawi banyak tergoda oleh kuliner dari Tionghoa, Arab, serta Belanda. Hal itu mungkin saja dipicu oleh banyak pendatang dari negara-negara itu waktu masa penjajahan dahulu. Sayangnya, jajanan ciri khas Betawi yg dahulu dapat kita jumpai di beberapa pojok ibu kota Jakarta dengan mudahnya, saat ini makin tergerus dengan jajanan moderen yg menjalar. Nah, di bawah ini 10 jajanan ciri khas Betawi yg dirangkum oleh PergiKuliner buat kamu yg sekali lagi kangen sama mereka.

1. Kerak Telor 
Jajanan ini masih tetap dapat anda jumpai di Kota Tua maupun waktu Minggu Raya Jakarta. Jajanan ini terbuat dari nasi yg di campur dengan bumbu-bumbu serta telor (dapat telur ayam atau telur bebek) . Adonan dikocok lantas dibuat diatas kuali kecil diatas bara sampai jadi kerak. Sesudah masak, kerak telor ditaburi dengan serundeng serta bawang goreng.


2. Kue Rangi 
Jajanan ini terbuat dari tepung beras. Adonan tepung beras itu dipanggang diatas cetakan berupa 1/2 lingkaran diatas api kecil. Sesudah masak, kue diangkat serta dikonsumsi dengan lelehan air gula merah yg berwarna coklat serta pekat. Yummy!

3. Kue Talam 
Jajanan bercitarasa legit ini terbuat dari tepung beras ketan yg dibuat dengan santan serta gula lantas dikukus. Meski jajanan ini sedikit lengket di tangan, tapi rasa-rasanya dapat membuat kamu ketagihan lho!

4. Kue Cente Manis 
Kue cente manis yaitu jajanan yg dikukus dengan bahan yg terbuat dari tepung hunkwe, santan, gula, serta bulir cente manis dengan kata lain sagu mutiara. Jajanan ini dibungkus dalam bungkus plastik lantas lantas dikukus.

5. Kue Pancong 
Kue pancong sejujurnya serupa dengan kue rangi, mungkin saja lantaran bentuk serta bahan membuatnya sama. Bedanya, kue rangi dikonsumsi dengan saus gula merah cair yg disiram diatas kue, sedang kue pancong dikonsumsi dengan taburan gula pasir di atasnya.

6. Wajik 
Wajik, jajanan yg terbuat dari beras ketan ini, umum didapati di tiap-tiap acara perlu warga Betawi seperti perayaan hari raya, seserahan di acara lamaran, serta pernikahan etika Betawi.


7. Kembang Goyang 
Kembang goyang adalah jajanan yg dibuat lewat cara digoreng. Sediakan tepung beras, gula, telur, santan, serta minyak goreng, lantas masukan adonan ke cetakan berupa kembang, lantas celupkan cetakan itu ke minyak panas serta goyang-goyangkan sampai adonan terlepas. Nah, jadi tahu kan mengapa namanya kembang goyang?

8. Dodol 
Ada banyak daerah di Indonesia yg mempunyai jajanan yg satu ini. Namun, semasing dodol di tiap-tiap daerah mempunyai rasa khasnya yg berlainan. Dodol Betawi berwarna hitam kecoklatan dengan macam rasa rasa yg lebih sedikit ketimbang dodol dari daerah beda. Rasa dodol betawi cuma terbagi dalam ketan putih, ketan hitam, serta durian.


9. Biji Ketapang 
Anda pastinya telah tidak asing dengan biji ketapang. Kue kering yg digoreng ini umumnya turut menyemarakkan keadaan waktu hari raya tiba. Kelapa parut serta santan yg di campurkan dengan biji ketapang bikin penganan ini jadi lebih gurih waktu dikonsumsi.


10. Kue Dongkal 
Jajanan yg paling akhir yaitu kue dongkal. Kue ini sangatlah tidak sering didapati. Dongkal terbuat dari tepung yg datang dari beras yg ditumpuk sampai halus. Tepung ini lantas berisi gula aren. Lantas, adonan yg telah jadi itu dibuat seperti tumpeng serta dikukus dengan dilapis daun pisang.

Bagaimana? Jadi kangen kan makan jajanan ciri khas Betawi asli ini? Rasa-rasanya tidak kalah lho sama jajanan-jajanan kekinian yg kerap anda makan!

No comments:

Post a Comment

Deretan Jajanan Tradisional Jakarta Khas Betawi Asli

Deretan Jajanan Tradisional Jakarta Khas Betawi Asli  KKD .- Terkecuali menaruh banyak kebudayaan, nyatanya Betawi juga menaruh banyak...