Friday, December 29, 2017

7 Wisata Kuliner Cirebon yang Siap Menggoyang Lidah

7 Wisata Kuliner Cirebon yang Siap Menggoyang  Lidah

7 Wisata Kuliner Cirebon yang Siap Menggoyang  Lidah

KKD.- Cirebon merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Barat, dimana sebelah timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Indramayu, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kuningan, dan sebelah utara berbatasan dengan laut jawa. Cirebon memiliki struktur kebudayaan yang cukup unik, hal ini diakibatkan pertemuan dua kebudayaan yang keudanya saling bercampur. Yaitu kebudayaan jawa dan kebudayaan sunda.

Nah, buat kamu yang pengin tahu lebih jauh tentang Cirebon, kita akan berkenalan dengan wisata kuliner Cirebon yang terkenal memiliki rasa yang khas dan harga yang bersahabat, yang dijamin bikin kamu pengen balik lagi mengunjunginya. Apa saja wisata kuliner Cirebon tersebut?

1. Empal gentong

Wisata kuliner Cirebon yang wajib kunjungi pertama ialah empal gentong. Makanan yang satu ini merupakan makanan paling menjadi primadona wisatawan yang berkunjung ke Kota Udang ini, empal gentong hampir mirip dengan gulai, namun untuk empal gentong rasanya lebih gurih dengan kuah santannya. Sesuai namanya, empal gentong merupakan masakan daging sapi dan jeroan yang dimasak menggunakan gentong atau kwali tanah liat yang besar, dan dimasak dengan menggunakan api dari kayu sehingga rasanya sangat khas dan tradisional.
Dengan proses pemasakan tradisional, dan ditambah dengan bahan rempah-rempah yang kaya di dalam masakan empal gentong membuat rasa empal gentong sangat menggiurkan dan menggoda. Selain pemasakannya yang unik, rasanya yang lezat, harga empal gentong pun terbilang cukup terjangkau. Untuk satu porsi empal gentong dengan nasi, hanya dibanderol harga Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000 saja.

2. Sega jamblang

Sega jamblang menjadi wisata kuliner Cirebon yang wajib dicicipi selanjutnya, tentunya jika kamu tidak mau menyesal. Sega jamblang merupakan makanan khas Cirebon yang berupa nasi putih dengan aneka lauk pauk. Nama sega jamblang sendiri memiliki arti nasi dari daerah jamblang. Yah, sega jamblang awalnya merupakan makanan khas Jamblang, salah satu nama daerah di Cirebon.

Sega jamblang sendiri merupakan nasi putih yang dibungkus dengan daun jati dan diisi dengan aneka lauk pauk seperti tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru paru goreng dan masih banyak jenis lauk pauk lainnya yang bisa dipilih langsung oleh pelanggan, sebab sega jamblang dijual dengan konsep prasmanan.
Ohiya, yang tidak boleh ketinggalan jika mengkonsumsi sega jamblang ialah sambalnya yang terkenal pedas namun susah ditinggalkan karena kelezatannya. Selain itu, harga sega jamblang juga bersahabat. Untuk satu porsi lengkap sega jamblang, kamu cukup merogoh kocek Rp. 17.000.

3. Tahu gejrot

Untuk makanan khas Cirebon yang satu ini tentu kamu sudah tidak asing lagi, sebab tahu gejrot kini bisa ditemukan di beberapa kota lain di Indonesia. Makanan khas Cirebon yang satu ini memiliki rasa yang cukup unik, meskipun pengolahannya cukup sederhana. Tahu gejrot merupakan olahan tahu yang disiram dengan kuah asam manis, dan ditambah dengan cabai dan bawang yang menjadikan rasa manis pedas khas Cirebon.
Untuk mendapatkan tahu gejrot di Cirebon sangatlah mudah, sebab makanan yang satu ini sangat banyak di jual di Cirebon. Tahu gejrot dijual dengan harga yang sangat bersahabat, untuk satu porsi tahu gejrot hanya dibanderol sekitar 5000 sampai 7000 saja.

4. Nasi Lengko

Namanya mungkin terdengar unik bagi sebagian orang, nasi lengko. Namun rasanya pasti bikin setiap orang yang mencicipinya dibuat ketagihan. Nasi lengko merupakan olahan nasi putih yang dicampur dengan tauge rebus, potongan tahu kuning, potongan tempe goreng, dan potongan mentimun. Kemudian disiram dengan sambal kacang, kecap manis, bawang goreng dan dilengkapi dengan kerupuk atau emping.
Makanan yang sehat dan lezat ini bisa ditemui di beberapa rumah makan di Cirebon. Untuk kamu yang suka pedas, bisa menambahkan sambal pedasnya loh. Pokoknya rasa sayur mayur dan bumbu kacang yang dicampur dengan bawang goreng menjadi semakin nikmat. Untuk satu porsi nasi lengko cukup dihargai Rp. 7.000 saja perporsi.

5. Docang
Wisata kuliner Cirebon selanjutnya ialah Docang, aneh yah kedengarannya? Meskipun namanya aneh, namun rasanya dijamin membangkitkan selera makanmu.Docang merupakan makanan yang terdiri dari lontong yang dicampur dengan sayur daun singkong, parutan kelapa, tauge dan kacang hjau. Lalu diberi kuah campuran oncom dan kelapa.
Docang biasanya banyak di konsumsi saat pagi hari sebagai sarapan, sensasinya yang segar saat menikmati docang menjadikannya banyak disukai penikmatnya. Konon docang sudah ada semenjak jaman para wali, untuk harga docang sendiri cukup Rp. 10.000 saja perporsi.

6. Empal asem

Empal asem hampir sama dengan empal gentong, yaitu olahan masakan yang berbahan dasar gading sapi dan jeroan. Namun untuk kuahnya, empal asem lebih terlihat bening dibandingkan dengan kuah empal gentong. Rasa empal asem juga terasa lebih masam, hal itu disebabkan adanya campuran belimbing wuluh dan asam jawa yang ada di dalam kuah empal asem ini. Jadi untuk rasa empal asam akan terasa lebih segar. Untuk menikmati satu porsi empal asem, kamu cukup membayar Rp. 17.000 saja, sangat terjangkau bukan?

7. Mie koclok khas Cirebon

Kalau di Bandung ada mie kocok, di Cirebon ada mie koclok yang tak kalah populernya. Mie koclok sendiri merupakan makanan yang berbahan dasar mie rebus yang disiram dengan kuah putih kental yang terbuat dari tepung maizena, kaldu ayam, santal kental, merica dan garam. Selain kuah ptih kentalnya yang mnggoda, mie koclok juga disajikan bersama irisan daun bawang, kol, tauge, dan suwiran daging ayam diatasnya.

Rasa mie koclok yang gurih nan sedikit asin khas makanan daerah pantura, disajikan dengan teh anget akan lebih terasa nikmat. Untuk soal harga, mie yang satu ini sangat terjangkau. Kamu hanya cukup membayar Rp. 10.000 untuk satu porsi, perut kenyang dompet aman tentunya.

Bagaimana? Siap penasaran untuk mencicipi wisata kuliner Cirebon yang terkenal enak dan murah meriah ini?

1 comment:

  1. Numpang Promo ya Bos
    Welcome
    POKERVITA
    Agen Poker Terpercaya
    BONUS CASHBACK
    Join Now :
    Contact Us Person :
    ? WA: 082312256064
    ? BBM : D88B0154

    ReplyDelete

Deretan Jajanan Tradisional Jakarta Khas Betawi Asli

Deretan Jajanan Tradisional Jakarta Khas Betawi Asli  KKD .- Terkecuali menaruh banyak kebudayaan, nyatanya Betawi juga menaruh banyak...